oleh

DEWAN PENDIDIKAN PALI KUNJUNGI SENTRA PENDIDIKAN SURAKARTA

SURAKARTA – Giat hari pertama studi komprehensif Dewan Pendidikan Kabupaten PALI yang didampingi oleh tim dari Dinas Pendidikan Kabupaten PALI yang dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten PALI Haji Sedi Suhardi didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten PALI Kamriadi SPd MSi pada hari pertama kunjungannya dikota Solo yang nama resmi nya “Surakarta”ini.
Makan siang Menjelang keberangkatan di dekat Bandara SMB II Palembang
Foto bersama usai turun di Bandara Adi Sucipto Jogjakarta Selasa (25/2/2020) Lokasi : Rumah Joglo, Candi Prambanan

Hari pertama kunjungan pada Rabu (26/2/2020), Tim mengunjungi Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Surakarta, Dewan Pendidikan Surakarta, Sanggar Kegiatan Belajar Surakarta, dan PKBM Sinar Mentari Surakarta.

Kunjungan Pertama di Kantor Dinas Pendidikan Kota Surakarta

Dalam keterangannya kepada Berita PALI, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten PALI Kamriadi SPd MSi menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat bernilai positif karena banyak ilmu dan pengalaman yang bisa ditimba oleh Dewan Pendidikan termasuk Dinas Pendidikan sendiri untuk nantinya diaplikasikan di Kabupaten PALI yang baru berusia 7 tahun tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan PALI Kamriadi SPd MSi bersama Kepala Dinas Pendidikan Surakarta Hj. Etti Ratnawati, SH.

” Kegiatan ini ini sangatlah bermanfaat bagi kita semua, karena telah menambah wawasan untuk diterapkan di daerah kita. Banyak hal yang kita dapat, yang sebelumnya menjadi kendala dalam menyelenggarakan aktivitas dunia pendidikan di PALI. Hari ini ini banyak hal yang kita dapat, dan tentu saja akan diaplikasikan di PALI. Misalnya bagaimana solusi untuk pemerintah Kabupaten PALI membantu aktivitas pendidikan tingkat SLTA yang saat ini ini menjadi tanggung jawab pemerintah Provinsi. Terutama mengenai biaya pendidikannya. Begitupun di Pendidikan Luar Sekolah kita melihat bagaimana mengembangkan beberapa jenis keterampilan dan motivasi bagi generasi pendidikan di Kabupaten PALI yang putus sekolah mau melanjutkan pendidikan dan mengasah keterampilan nantinya. Insya Allah setelah ini ini kita akan berjuang untuk pendidikan generasi muda PALI yang lebih baik dan berkualitas” demikian Papar Kamriadi bersemangat.

Penyerahan plakat cindera mata kunjungan PALI – Surakarta

Lebih jauh menurut Kamriadi dipilihnya Kota Surakarta untuk menjadi salah satu tujuan studi banding Dewan Pendidikan Kabupaten PALI karena Solo saat ini ini menjadi barometer dunia pendidikan nasional selain Jogjakarta.

Surakarta yang diterima Kepala Sekolah Suratno, SPd
Penyerahan plakat kenang – kenangan usai pertemuan dengan SMKN 2

” Seperti yang kita saksikan hari ini, bagaimana SMK Negeri 2 Surakarta telah mengaplikasikan beberapa program studinya. Dan itu telah membuka industri terbarukan di Indonesia. Yang paling terkenal adalah program mobil nasional SMK seperti yang kita saksikan tadi. Itu merupakan hasil karya para siswa Solo, begitupun produksi lainnya yang saat ini tidak hanya menambah income negara tetapi yang kita salut mereka telah melakukan kerjasama dengan pihak luar seperti Jepang dan negara lainnya” demikian Kamriadi.

Ungkapan yang sama disampaikan oleh Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten PALI Haji Sedi Suhardi kepada media ini.

Foto bersama usai pertemuan dengan Dewan Pendidikan Kota Surakarta

Menurut Sedi Suhardi, Dewan Pendidikan Kota Surakarta ini seiring usia, telah mengambil peran yang sangat strategis dan besar dalam pengembangan dunia pendidikan di kota Surakarta.

” Saat ini kita semakin paham tentang peran Dewan Pendidikan dalam mensupport pembangunan dunia pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah. Kita belajar banyak dari kegiatan studi banding ini dan kita dapat mencontoh Bagaimana Sinergi Dewan Pendidikan Surakarta dengan pemerintah kota Surakarta terutama dengan Dinas Pendidikan Kota Surakarta. Ini membuka mata kita bahwa peran aktif Dewan Pendidikan tidak hanya semata menjadi lembaga monitoring pendidikan. Tetapi juga berperan sebagai lembaga sharing bagi pemerintah kota Surakarta karena Dewan Pendidikan dilibatkan dalam pengambilan kebijakan pembangunan di Kota Surakarta Maka hal ini ini tentu saja akan kita terapkan di PALI. Dan kita akan laporkan hasil kegiatan ini ke Bapak Bupati Ir. H. Heri Amalindo agar semua pengalaman dari studi banding ini dapat diaplikasikan di PALI ” begitu urai Sedi.

(TIM BERITA PALI Online)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed